Ngambon 12 Februari 2023 

Sebanyak 39 orang Petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) Pemilu 2024 resmi dilantik oleh Ketua PPS masing-masing Desa di pendopo Kecamatan Ngambon dihadiri oleh Kepala Desa dan Pengawasan Desa masing-masing.

Pengambilan sumpah petugas Pantarlih di bacakan Ketua PPS masing dan dampingi oleh anggotanya.

Setelah pelantikan dilanjutkan 

Upacara siaga kesiapan pantarlih yang oleh PPK Ngambon dengan pembina Upacara Ketua PPK Ngambon Mohammad Jamiluddin

Adapun Peserta upacara di ikuti 39 pantarlih, Forpimcam Ngambon, PPS dan Sekretariat PPS se Kecamatan, Panwascam, PKD se Kecamatan dan Kades se Kecamatan Ngambon dilanjutkan pembacaan pakta Integritas oleh perwakilan Pantarlih dan penyematan atribut Pantarlih secara Simbolis oleh Ketua PPK, Minggu (12/2/2023).

Prosesi Upacara di hadiri oleh Forpimcam Kecamatan Ngambon, PPS dan Sekretariat PPS se Kecamatan Panwascam, PKD se Kecamatan , Kades Sekecamatan Ngambon serta 39 Pantatlih.

Sambutan tertulis Ketua KPU RI dibacakan oleh Ketua PPK Kecamatan Ngambon. Di sampaikan juga bahwa Apel kesiapan Pantarlih dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Muhammad Jamiludin menjelaskan bahwa "Tahapan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis bagi terlaksananya tahapan Pemilu.

 Di jelaskan pula bahwa pemutakhiran daftar pemilih menentukan bagi tahapan pemilu. Jika hasil penyusunan daftar pemilih bermasalah atau tidak valid dapat dipastikan tahapan pemilu selanjutnya akan terganggu.

Pantarlih merupakan ujung tombak dalam pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih, untuk itu perlu adanya kesiapan pantarlih dalam pemutakhiran data pemilu meliputi dengan berkoordinasi dengan tokoh masyarakat saat memulai dan selesai melaksanakan coklit.

dalam melaksanakan coklit, Pantarlih wajib menggunakan atribut Pantarlih. Setiap petugas Pantarlih wajib mengisi buku kerja untuk mencatat semua aktivitas.

 

"Pantarlih harus berkoordinasi dengan PPS desa masing-masing, PPS kordinasi dengan PPK, PPK ke KPU Kabupaten," ucapnya.

Sementara itu Camat Ngambon, M.Ridwan Sayyadi, S.Sos, MM menyampaikan selamat atas dilantiknya petugas Pantarlih Kecamatan Ngambon, semoga dalam menjalankan tugas dapat berjalan baik dan lancar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Juga mengingatkan, agar petugas Pantarlih tidak memihak kepada salah satu partai dan harus bersifat independen.

"Petugas Pantarlih merupakan ujung tombak pemilu, untuk itu pahami dan jalankan pakta integritas dengan baik, dan semuanya untuk melaksanakan tugas dengan baik, jujur adil, dan transparan," pungkasnya

Usai prosesi pelantikan, dilanjutkan dengan bimtek dan pembekalan bagi seluruh petugas Pantarlih dengan narasumber Ketua PPK dan anggota PPK Kecamatan Ngambon 

Usai bimtek,sambungnya akan dilanjutkan pelepasan petugas Pantarlih ke desa masing-masing yang dilepas langsung Ketua PPK Kecamatan Ngambon

(Lex/red) #ngambonkompak


By Admin
Dibuat tanggal 13-02-2023
288 Dilihat